Kelautan Nusantara (NGI)

Kelautan Nusantara (NGI)

Minggu, 14 Februari 2010

Groups Konservasi Mamalia Paus

Sebagai salah satu negara yang turut menandatangai konservasi Keanekaragaman Hayati PBB, Indeonsia berkepentingan untuk melaksanakan program perlindungan dan pelestarian jenis biota laut langka dan terancam punah; baik melalui perlindungan di habitat alaminya (in-situ), kawasan-kawasan konservasi perairan yang menjadi tempat mancari makan, memijah, membesarkan anak dan berlindung,
maupun di luar habitat alamminya.


Sejalan dengan kewenangan dan tanggung jawab pemerintah untuk mengelola sumberdaya alam nasional, maka Direktorat Konservasi dan Taman Nasional Laut akan mengembangkan kebijakan mengenai jenis-jenis spesies perairan yang di lindungi (pengertian ikan dlm UU No. 31 Thn. 2004), salah satu mamalia yg menjadi perhatian sekarang adalah Paus (Balaenopteridae), mengingat wilayah kelautan indonesia merupakan tempat tinggal dan jalur migrasi spesies akuatik tersebut maka perlu disusunnya National Action Plan (NAP) di Indonesia.
Bersama ini kami mengundang para stakeholders untuk berperan aktif dalam rencana pengembangan kebijakan nasional dalam pengelolan dan konservasi biota laut Paus dan habitatnya seperti menyusun NAP, membuat Pokja, mengumpulkan ahli2 Paus, membuat strategi pengelolaan, mengumpulkan data-data paus dll,..(mohon masukkannya untuk kegiatan lainnya).
Berikut Rencana National Action Plan (NAP) untuk Paus, dengan point-point sebagai berikut :
1. Pengurangan Ancaman
2. Perlindungan Habitat, termasuk Jalur Migrasi;
3. Penelitian dan Pengawasan;
4. Pendidikan dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat;
5. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan;
6. Pertukaran Informasi;
7. Tanggapan terhadap permasalahan;
8. Pengembangan Wisata yang berbasis Ikan Paus yang bertanggung jawab dan berkelanjutan;
9. Kerjasama Internasional;

Mailing list ini adalah forum tukar pendapat dan informasi para pengelola dan pemerhati isu kelautan khususnya mamalia Paus di Indonesia.
Anggota mailing list ini adalah institusi, kelompok masyarakat maupun individu Nasional & Internasional.

di tunggu partisipasi andi di : konservasipaus@yahoogroups.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar